PT Geo Santara Indonesia

Manfaat Menggunakan Sumur Bor Rumah Tangga Di Bogor

July 29, 2022

Air bersih menjadi salah satu kebutuhan yang wajib ada di setiap rumah. Selain bisa menggunakan pasokan air yang disediakan oleh pemerintah, masyarakat Indonesia juga masih dapat memanfaatkan sumur. Maka jangan kaget ketika Anda masih bisa menemukan sumur bor rumah tangga di Bogor pada saat berkunjung ke kawasan tersebut. Terutama pada rumah-rumah penduduk yang berada di dekat kawasan pegunungan maupun persawahan.

Walaupun seperti itu, sumur bor industri di Bogor dapat juga dipasang di kawasan perkotaan. Tentu saja dalam setiap praktiknya ada banyak persiapan yang harus benar – benar di perhatikan, dari lokasi sampai ketersediaan electric logging di Bogor. Pada artikel kali ini, kita akan mengenali lebih dalam profil sumur bor rumah tangga di Bogor, yang akan mencakup manfaat, kelebihan, sampai ke jenis – jenisnya.

Apa Itu Sumur Bor?

Sesuai namanya, sumur bor ini memang dibuat dengan cara menggali tanah agar bisa memperoleh sumber mata air yang bersih dan layak untuk konsumsi dari dalam tanah. Pembuatannya juga lebih modern bilea dibandingkan dengan sumur pada umumnya, sebab nantinya sudah akan menggunakan peralatan modern seperti pumping test & borehole camera di Bogor. Teknologi sensor ini dimanfaatkan untuk mengetahui pada kedalaman berapa sebaiknya Anda bisa melakukan pengeboran.

Selain akan lebih cepat, sumber air bersih yang digunakan pada sumur bor juga lebih memadai.  Dengan begitu, Anda tidak akan kekurangan pasokan air, terutama pada saat musim kemarau. Selain itu, kebersihan air juga tidak harus  diragukan walau tetap harus diproses sebelum Anda konsumsi nantinya.

Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki Sumur Bor

Jika Anda sudah mengetahui kelebihan dan juga kekurangan sumur bor, maka bisa membantu Anda untuk mengoptimalkan fungsi serta mengantisipasi permasalahan di kemudian hari. Kelebihan-kelebihan sumur bor ini akan mencakup:

  1. Bisa lebih menghemat untuk pengeluaran biaya tambahan, terutama dalam pemakaian air.
  2. Pada tahap awal harus mempersiapkan dana yang besar untuk kebutuhan sumur bor yang akan mencakup soiltest, boring dan sondirdi Bogor, tetapi seterusnya tidak akan ada biaya yang lainnya yang nantinya harus disiapkan;
  3. Karena jika menggunakan teknologi sensor terkini, sumber air yang bisa didapatkan melalui sumur bor akan cenderung lebih bebas kontaminasi atau tidak akan tercemar. Anda juga tidak akan mencium bau yang tidak sedap;
  4. Mampu untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Seperti yang sudah disinggung, pasokan air yang berasal dari sumur bor jauh lebih melimpah dibandingkan sumur yang dicangkul. Apalagi jika Anda menggunakan mesin pengeboran dengan teknologi yang paling terbaik.

Sementara ada beberapa kekurangan yang juga harus Anda waspadai dari sumur bor adalah:

  1. Anda nantinya akan tergantung dari sumber tenaga listrik sejak pada tahap awal, dari penggunaan borepile di Bogor sampai penyediaan pasokan listrik. Jika nantinya terjadi pemadaman listrik, otomatis pompa air yang sudah ditanam tidak akan bisa bekerja;
  2. Walau tidak akan ada biaya tambahan yang nantinya harus dikeluarkan, Anda masih harus membayar penggunaan air dari sumur bor tersebut. Tujuannya adalah sebagai kontribusi dalam menjaga kelestarian alam dan juga lingkungan

Agar bisa memasang pompa dan juga mempersiapkan sumur bor, Anda harus memakai jasa yang sudah berpengalaman untuk menanganinya. Pasalnya jenis sumur ini bukan tipe yang dapat dibuat sendiri mengingat sebagian untuk peralatannya hanya dipasok untuk pihak – pihak tertentu saja.

Manfaat Sumur Bor Untuk Sumber Mata Air

Menjadi sumber air bersih alternatif, tentunya akan memiliki manfaat yang bisa diharapkan penggunanya. Applied Resource Management juga menyebutkan beberapa manfaat yang dimiliki oleh sumur bor rumah tangga :

1. Menjadi Sumber Air Gratis

Anda yang sudah sempat berlangganan air dari perusahaan pemerintah maupun swasta pasti setiap bulannya harus membayar iuran. Namun, pemakaian sumur bor tidak akan menekankan biaya penggunaan air. Uang yang nantinya Anda keluarkan hanya untuk proses penggalian sumur yang ada di sekitar rumah, listrik pompa, dan juga biaya perawatannya. Jumlahnya juga terkadang tidak akan sebanyak ketika menggunakan air yang didapatkan dari sumur bor rumah tangga di Bogor.

2. Air Bisa di Tampung Pada Toren

Sama seperti sumber air yang diperoleh dari sumur resapan di Bogor, air yang nantinya Anda kumpulkan dari sumur bor dapat ditempatkan pada toren. Langkah tersebut memang bisa membantu Anda untuk mengambil dan menyiapkan air untuk kebutuhan yang mendadak, misalnya saja ketika terjadi pemadaman listrik. Bahkan Anda dapat menjadi supplier air bersih dengan cara menyediakan toren lebih banyak dan menawarkannya kepada tetangga dengan harga yang dibuat terjangkau untuk mereka.

3. Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Tanah ini termasuk bentuk dari saringan yang baik karena mengandung filter alami. Hal tersebut yang nantinya bisa membuat sumber air tanah baik untuk kesehatan mengingat kondisinya yang masih belum tercemar. Selain itu, air tanah ini juga memiliki kandungan mineral yang nantinya akan dibutuhkan kulit sampai organ vital tubuh. Walaupun demikian, Anda harus memasaknya terlebih dulu hingga mendidih sebelum nantinya digunakan untuk mandi, makan, atau mengolah makanan yang ada di rumah.

Jenis Sumur Bor Rumah Tangga

1. Sumur Bor Submersile

Sumur bor submersile paling umum dijumpai pada daerah gersang atau pesisir. Sumber mata air bersih pada kawasan tersebut berada jauh di permukaan tanah dengan kedalaman lebih dari 30 meter. Jenis pompa akan digunakan adalah submersible pump atau pompa celup.

Jenis pompa ini dimasukkan langsung ke dalam sumur lalu dialirkan ke permukaan. Spesifikasi submersible pump juga beragam dengan kedalaman dari 30 – 200 meter. Untuk pemasangan, Anda dapat meminta perizinan SIP & SIPA di Bogor, terutama jika itu merupakan kepentingan komersil.

2. Sumur bor semi-jet

Sumur bor semi-jet merupakan jenis yang akan sering dijumpai pada banyak tempat termasuk rumah tangga. Kedalamannya berkisar dari 0 – 30 meter. Pemasangannya menggunakan pipa sesuai kebutuhan pengguna atau lokasi geologis di daerahnya.

Kedalamannya tergolong dangkal, jenis mesin pompa yang digunakan untuk menyedot air adalah semi-jet pump dipasang pada kedalaman lebih dari 9 meter dan kurang dari 11 meter. Sementara pada sumur yang kedalamannya lebih dari 11 – 30 meter memakai jet-pump berpipa hisap dan juga pipa dorong beserta injector. Pada hal ini, gesolistrik di Bogor dibutuhkan untuk memastikan lokasi pemasangannya yang paling tepat.

3. Sumur Bor Jet Pump

 

Sumur bor jet pump ini juga sering digunakan dengan kedalaman yang dicapai pompa berada di antara kedua jenis yang sebelumnya, yaitu sekitar 25-45 meter. Oleh sebab itu masih dibutuhkan survey topografi di Bogor karena keterbatasan ini sumur bor jet pump hanya dapat digunakan pada daerah-daerah tertentu.

Selain Bogor, ada daerah lain yang umumnya memakai sumur bor ini mengingat berada di dataran rendah dengan jarak pengambilan air pada kedalaman 16-20 meter. Sebagai alternatif, Anda bisa memanfaatkan sumur pantau di Bogor apabila tidak dapat menggunakan jet pump untuk rumah Anda.