PT Geo Santara Indonesia

Jenis Alat untuk Pengeboran Air Tanah Dalam

May 10, 2022

Makhluk hidup memang tidak bisa dipisahkan dari yang namanya air. Tetapi sayangnya masih banyak daerah yang belum mendapatkan sumber air bersih dengan baik. Maka dari itulah pemerintah setempat melakukan pengeboran air untuk memberikan sumber air bersih pada masyarakat setempat. Sumur bor sendiri tidak hanya untuk daerah-daerah yang kekurangan air saja.

Ada cukup banyak perumahan, sekolah, dan bangunan lainnya yang juga membuat sumur bor untuk mendapatkan sumber air bersih. Menggunakan sumur bor sendiri bisa membuat jadi lebih hemat dalam pengeluaran bulanan. Meskipun di awal pembuatannya mahal, namun akan terbayarkan dengan air yang bersih dan tidak perlu membayar tagihan bulanan.

7 Alat yang Digunakan untuk Mengebor Sumur

Dalam proses pengeboran air tentunya ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah alat yang digunakan untuk kebutuhan pembuatan sumur bor. Alat-alat yang digunakan untuk membuat sumur bor sendiri ada banyak macamnya, diantaranya sebagai berikut ini.

1. Deep Well Drilling Machine

Boring atau deep well drilling machine adalah salah satu alat penting dalam pembuatan sumur bor. Tanpa mesin ini maka lubang pengeboran untuk membuat sumur tidak akan ada. Sistem kerja dari alat ini adalah dari segi putaran atau rotasi dan tekanan. Power putaran digunakan supaya bit memutar dan bisa mengikis tanah yang sedang di bor. Sedangkan untuk tekanan dimaksudkan untuk menembus tanah dan tenaga penetrasi.

2. Drill Pipe

Alat satu ini pun juga tidak bisa dilepaskan begitu saja dari mesin bor. Biasanya drill pipe mempunyai panjang 1.5 – 9 meter atau sesuai kebutuhan pemakaian. Fungsi utama dari alat ini adalah untuk sampai kedalaman yang diinginkan saat mengebor tanah. Drill pipe juga sering dipakai untuk menambah kedalaman saat pengeboran. Semakin panjang pipa bor yang dimasukkan, maka proses lubang bor akan semakin dalam.

3. Mata Bor

Adalah alat yang mempunyai fungsi menggilas tanah yang nantinya akan di bor. Untuk cara kerjanya, drilling machine memutar bagian spindle sampai pipa drill mengikuti arah putaran. Dengan adanya mata bor ini akan membuat tanah bisa tergerus sedikit demi sedikit.

4. Travelling Block

Untuk jenis alat ini berada di posisi paling atas dalam rig pengeboran. Fungsi dari travelling box sendiri adalah untuk mengangkat beban berat, contohnya mata bor dan pipa drill. Alat ini sendiri sebenarnya bukan alat utama. Akan tetapi jika proses pengeboran tanah tidak menggunakan alat ini maka pengeboran air tidak akan terjadi.

5. Water Swivel

Kemudian ada water swivel yang bisa ditemukan pada bagian bawah travelling block. Water Swivel ini mempunyai fungsi menyalurkan air dan chemical drilling ke lubang pengeboran. Alat ini mempunyai lubang yang bisa disambungkan menggunakan selang untuk jalannya drilling fluid.

6. Menara Bor

Merupakan salah satu alat yang utama yang tidak bisa dipisahkan dari proses drilling. Fungsi dari alat sat ini adalah supaya travelling block bisa bekerja sebagaimana fungsinya. Selain itu keberadaan menara bor ini seperti atap sebuah rangkaian.

7. Hoisting Plug

Terakhir ada hoisting plug yang digunakan untuk kebutuhan proses pengeboran. Fungsi dari alat ini adalah untuk menarik atau menurunkan pipa drill.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai alat-alat yang dipakai untuk kebutuhan pengeboran air tanah dalam. Bagi yang ingin membuat sumur bor tetapi belum mendapatkan jasa pembuatan sumur bor berpengalaman. Maka CV Geo Santara menjadi pilihan paling tepat untuk diajak kerja sama. Perusahaan layanan pengeboran ini sudah berpengalaman dan dipercaya oleh banyak orang yang ingin membuat sumur bor.